News

Browsing Category "News"

  •  February 4, 2018

    FK UII dan Perki Mengadakan ACLS periode 2 – 4 Februari 2018 »

     

    Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia melalui Unit Continuing Medical Education (CME) berkerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) mengadakan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) pada tanggal 2 – 4 Februari 2018 bertempat di Auditorium lantai 1 gedung Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia jalan Kaliurang km 14.5 Yogyakarta. Unit Continuing Medical Education (CME) menargetkan 30% dari jumlah peserta berasal dari alumni FK UII. Pelatihan ACLS periode 2-4 Februari 2018 diikuti oleh 20 orang dokter lulusan dari berbagai perguruan tinggi negeri dengan 60% peserta berasal dari dokter alumni FK UII yang telah memenuhi target.

    Materi yang diberikan pada hari pertama tersebut meliputi Bulding Learning Commitmen, BHD Dewasa, AED, RJP Anak dan Bayi, Chocking Dewasa, Anak dan Bayi disertai praktek yang dipandu oleh dr. Firman Fauzan, Sp.JP dilanjut dengan materi Defibrilasi dan Perawatan Pasca Henti Jantung oleh dr. Irsad Andi Arso, Sp.PD, Sp.JP(K) serta Tatalaksana Jalan Nafas dengan instruktur dr. Calcarina, Sp.An.

    WhatsApp Image 2018-02-04 at 9.38.10 AM

    Pada hari kedua, materi yang diberikan Sindrom Koroner AKut dengan instruktur dr. Irsad Andi Arso, Sp.PD, Sp.JP(K) dilanjut dengan materi Hipotensi, Shock dan Edem Paru; Farmakologi dan Terapi dengan instruktur dr. Ima Ansari Kusuma, SpJP ditambah dengan praktek dengan kasus komprehensif. Pada hari ketiga, peserta difokuskan untuk ujian post test dan ujian praktek RJP. Pada penutupan sesi acara, peserta diminta untuk memberikan kesan dan pesan terkait pelatihan ACLS yang sudah dilaksanakan dan diakhiri dengan foto bersama.

    Kedepannya pelatihan ACLS ini akan terus dilaksanakan di Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia agar kualitas pelayanan dokter kepada pasien kegawatdaruratan jantung makin baik sehingga diharapkan juga angka kematian akibat kegawatdaruratan jantung dapat menurun. (MZA)

  •  December 31, 2016

    One Day Seminar : Diagnosis and Management on Primary Care Setting »

    One Day Seminar : Diagnosis and Management on Primary Care Setting

    Sabtu, 31 Desember 2016

    Presented by Ikatan Alumni Fakulyas Kedokteran Universitas Islam Indonesia bekerjasama dengan CME FK UII

    Link Materi Seminar https://goo.gl/YhxEfZ

     

  •  September 27, 2016

    FK UII dan Perki Mengadakan ACLS periode 23-25 September 2016 »

    IMG-20160925-WA0015

    Kaliurang (UIINews) – Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang berfungsi untuk memompa darah dan membawa oksigen ke seluruh bagian tubuh. Sebagai salah satu organ yang berperan penting dalam keberlangsungan hidup manusia, organ ini menjadi kunci utama penyelamatan hidup seseorang. (more…)

  •  August 16, 2016

    FK UII SUKSES SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL KEGAWATDARURATAN MEDIS »

    DR.Med. dr. Untung Widodo, Sp.An., KIC menyampaikan materi tentang Airway Intervention & Management in Emergencies

    Yogyakarta – FK UII (07/08) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia (FK UII) kembali menyelenggarakan seminar ilmiah nasional continuing medical education (CME) sebagai wahana penyegaran ilmu bagi para dokter dan mahasiswa. Acara CME kali ini bertajuk CITO! Clinical Current Update Symposium on Emergency Medicine: “The Role of Medical Practicioner”, diselenggarakan pada Ahad (07/08) di The Alana Hotel Mataram City International Convention Center Yogyakarta. Kegiatan ini menghadirkan 8 orang pakar di bidang anastesi, pediatric, saraf, penyakit dalam, obstetric-gynekologi, serta Islamic perspective, dan dihadiri oleh lebih dari 550 peserta baik dari dalam maupun luar Kota Yogyakarta. (more…)

  •  June 22, 2016

    Setiap Tahun Penyakit Jantung di Indonesia Cenderung Meningkat »

    image00

    Foto Wibowo :  Peserta seluruh dunia, panitia, dan pembicara bersatu padu mendokumntasikan diri untuk peduli terhadap penyakit jantung, seuasai International Programe selesai.

            Kedokteran (UII News) –  Prevalensi penyakit jantung di Indonesia rata-rata 9,2%, dengan prevalensi tertinggi mencapai 16,9% di Sulawesi Tengah dan prevalensi terendah di Lampung dengan angka 3,5%. Prevalensi bisa mencapai 17,3% pada usia 65 tahun. Insiden penyakit jantung setiap tahun di dunia cenderung meningkat serta kondisi di Indonesia.

    (more…)

  •  March 28, 2016

    CME FK UII Adakan Pelatihan Melalui Kuliah Terarah »

    Kaliurang (UIINews) – Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia melalui Unit Continuing Medical Education (CME) berkerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kardiovaskuler Indonesia (PERKI) mengadakan Advanced Cardiac Life Support (ACLS) pada tanggal 25-27 Maret 2016 bertempat di kompleks gedung Fakultas Kedokteran Universitas Islam Indonesia jalan Kaliurang km 14.5 Yogyakarta. Pelatihan ini diikuti oleh 32 orang dokter lulusan dari berbagai perguruan tinggi negeri dengan prosentase terbesar berasal dari dokter alumni FK UII, beberapa peserta berasal dari UNHAS, UMI Makasar, UGM dan UMY. (more…)